Izzi_tea

All I know about advertising on Facebook…

Beberapa waktu belakangan ini, banyak beredar di milis-milis bahwa Facebook (FB) ada hubungan dengan Zionis –> satu dari asal-muasal sumber dana perang Gaza.
Berikut ini mekanisme beriklan di Facebook :

1. Ketik landing page yang anda inginkan untuk dipromosikan.
2. Buat redaksi iklannya, judul maksimal 25 karakter, body maksimal 135 karakter, foto.
3. Pilih target audience yang diinginkan dengan mengisi kuesioner yang meliputi pertanyaan tentang umur audience, lokasi, tempat kerja, kata kunci, jenjang pendidikan, jenis kelamin, dsb. Nanti facebook akan mengkalkulasi jumlah potensi audience yang sesuai dengan kriteria tersebut.
4. Tentukan anggaran dengan memilih antara pay for click atau pay for views. Tentukan anggaran harian maksimal dan anggaran minimal. Untuk pay for click masing-masing US$ 0,01 kalau pay per views US$ 0,1 per 1000 impresions.

Dari penjelasan tersebut bisa dilihat bahwa model penjualan iklan facebook berbeda dengan di TV. Facebook sudah memberikan standar harga untuk masing-masing iklan sesuai jumlah klik atau penampakan. Kalau TV mungkin ada yang lebih tau. Kalau mau facebook nggak untung harusnya bukan sekedar tidak mengklik, tapi jangan mengiklan sekalian.

Lha iya, dapet duit dari mana kalo gak di-klik iklannya? Berarti, kalo emang bener facebook berhubungan dengan Yahudi, selama kita tidak:
1. mengklik iklannya
2. beriklan di facebook
3. beli virtual goods di facebook

ga “nyumbang” ke FB kan? berarti ga nyumbang Yahudi juga,,,
Model bisnis seperti Facebook dapet duit dari iklan (pemasangan dan pelelangan space), dan setelah dipasang ada perhitungan pay-per-click, ama jualan virtual goods (kayak gifts). Namun juga, keanggotaan/ keaktifan kita di FB bisa jadi media promosi buat FB, dan bikin space iklan di FB jadi lebih mahal buat pengiklan.. Kalau jumlah pendaftar biasanya bisa buat jualan ke investor. Ini nih jumlah member gw sekian juta orang. Lo tertarik invest ga?

Jadi, saya rasa cukup aman kalau kita menyimpulkan:
– Bisa tetap aktif di FB, dengan syarat:
1. tidak beriklan
2. tidak mengklik iklan
3. tidak membeli virtual goods
4. tidak membuat terlena hingga lupa ibadah, makan, tidur, dll
5. memanfaatkan sebagai media silaturrahim dan sarana menyebar kebaikan

Kalo belum puas…
Solusi komprehensif memang membuat tandingan killer aplication di internet. Tapi jujur hal ini bukan hal mudah. Untuk riset saja bukan semudah membalikkan telapak tangan. Kemudian setelah jadi juga perlu dipromosikan, perlu banyak ustad (kalau istilah luar ‘evangelist’ ) yang mengenalkan dari mulut ke mulut. Terus, belajar dari Matt Mullenweg, pengembangan produk dibuat dengan menggunakan lisensi GPL supaya setiap orang bisa berkontribusi. Tapi untuk melibatkan orang tersebut kita perlu menjalin relasi yang intensif dan sering memberi apresiasi meskipun tidak dengan uang. Bagaimana sudah siap ?

-diramu dari berbagai sumber-

*sumber : milis (fanly wisesa <fanlywisesa@yahoo.com>)

This entry was published on Januari 19, 2009 at 1:28 pm and is filed under Artikel. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

9 thoughts on “All I know about advertising on Facebook…

  1. Kunjungan Pertama Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/16/mem-backup-dan-me-restore-registry/ terima kasih

  2. Assalamu’alaikum

    ^_^
    FB?

    ayo izzi ja yang buat tandingannya…
    yg dah bw laptop tu..

  3. Ping-balik: Berwajah Delapan-kah Sang Delapan? « The Diary

  4. anda lupa soal “pay per views US$ 0,1 per 1000 impresions” … anda nggak buka ..tapi asal iklan tampil/impresions (walau gak di click) ..tetap aja ada bayaran ….

  5. Salam, Jazakallah khairan katsiran atas infonya……mudah-mudah bermanfat bagi yang membacanya, amin.

  6. jika ada pilihan pay for view, klw ga salah kita tetap bayar walaupun iklannya ga di klik. Asalkan Iklan itu tampil di facebook. Terus kalau kita sebagai pengguna fb, kita berkontribusi jg terhadap tambahan penghasilan bagi facebook. Gimana Tuh?

    sliding door curtains

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: