Izzi_tea

HiDupppp GraTTTTissaaaaaaaNNNNNNN… !!! :D

Kayanya hanya orang Aneh bin Ajaib aja yang akan menolak sesuatu yang GRATISAANN apalagi bermamfaat.. walaupun ada yang bilang “HARI gini GRatisaaannnn… mimpi kali.. :D”, hehe.. tapi untuk di bidang IT “katanya” tadi tuh ga berlaku.. soalnye bejibun banyaknya Software-Software yang di Free kan Alias Gratis bin ga bayar.. dan ga bisa dipandang sebelah mata juga Software2 yang lisensinya Free, dimulai dari OS (Operating System), Aplikasi Office , Multimedia, Programming, Grafis dll.

gdm-login2

Anda mungkin pernah mendengar Linux (ya minimal tadi disebutin🙂, Sebuah OS (Operating System) *seperti Windows dan Mac OX* yang sudah banyak dikembangkan oleh para komunitasnya di berbagai Negara, bahkan bagi anda yang beragama islam ada satu “Spesies” Linux yang dibuat khusus komunitas muslim *UBUNTU Muslim Edition*. Klo dibanding-bandingkan dengan OS yang sudah jadi artis *maksudnya terkenal.. :D* perkembangan dan fungsi nya hampir sama, bahkan jika dari segi pengambanganya Linux bisa dikatakan aga unggul sebab dikembangkan oleh berbagai komunitas Linux diberbagai negara yang tergabung di berbagai Distro Linux. Itu sedikit cuap-cuap tentang OS yang Gratis.. sebenernya sih masih banyak yang belum di obrolin tetapi karena saya masih jadi penonton dan komantator di arena per Open Source-an,, maka ya baru segini yang bisa di sampaikan.

Di bawah ini ada beberapa Free Ware yang sudah pernah saya coba, mudah2an ada mamfaatnya n bisa jadi sedikit revenesi bagi anda yang suka GraTIsssaann n ingin belajar ber Open Source ria🙂

distro linux

Operating System (OS)

–          Linux

linux1_kecilLinux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds.

Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot (berdasarkan sumber yang tidak jelas, Trovalds pernah dipatuk pinguin saat pergi ke kebun binatang).

 

 

Grafis

–          Gimp
gimpGIMP atau GNU Image Manipulation Program adalah software open source yang sudah diakui kehebatannya dari dulu sebagai alternatif pengganti Photoshop. GIMP didukung oleh komunitas besar yang siap membantu Anda jika Anda membutuhkan bantuan. GIMP bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan Linux.

 

 

Aplikasi Office

–          Open Office

logo-openoffice_kecilOpenOffice.org adalah aplikasi perkantoran yang kini banyak digunakan oleh perusahaan baik di Indonesia maupun negara lainnya, hal ini dikarenakan aplikasi perkantoran ini mempunyai kemampuan multiplatform dan dapat digunakan dibanyak Sistem Operasi baik itu Microsoft Windows, Linux maupun Macintosh. Selain itu OpenOffice.org menggunakan basis Open Source sebagai basis pengembangannya membuat aplikasi ini cepat berkembang dan gratis.

 

Multimedia

–          WinAmp

WinampAplikasi audio gratis ini sangat populer,, bahkan bisa saya tebak, Anda pasti pake Winamp untuk mendengarkan musik2 favorite anda🙂 *minimal pernah Instal*. Software ini dikembangkan dari tahun 1997 dan sampai sekarang versinya udah sampe WinAmp 5

 

 

Anti Virus

–          AntiVir

aviraAntivirus ini sebenarnya ga Full free karena ada versi yang Premium juga alias bayar tapi untuk yg gratisannya *versi personal* juga ga bisa di anggap enteng, bisa anda buktikan *dan sudah terbukti oleh saya…🙂 –asalkan update trussss-*,, dijamin deh Tok cer

 

 

Web Programming

–          PHP

800px-PHP-n_logo.svgPHP yang juga dikenal sebagai “Hypertext Preprocessor”, adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengolahan data-data berbasis web. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk mempermudah pembuatan halaman web yang dinamik atau mudah diupdate dan cepat dalam pengolahan datanya. Dalam aplikasinya php dapat digabungkan dengan sintak HTML. Sintaks PHP mirip dengan bahasa C dan memiliki beberapa fungsi PHP tersendiri.

 

Semua Free Ware di atas udah saya coba (kecuali yg Gimp.. cuman pernah liat tutorialnya aja) hasilnya Buagusss dan memuaskan.. ya Walaupun untuk beberapa kerjaan multimedia dan Grafis ada beberapa kelemahan dan ada yang blom bisa ngegantiin *setau saya* seperti Gimp (alternative Potoshop) kelemahannya ialah ga ada pengatur vitur Image CMYK, sedangkan klo berbicara kerjaan Grafis Cetak, Vitur CMYK wajib dimiliki image dan Program Aplikasi Animasi Flash maker seperti Adobe Flash setau saya belom ada yang bisa menjadi alternative.

Plus Minus nya Free Ware tentunya  menjadi pertimbangan bagi kita,, ehmmm.. walaupun menurut saya Plus nya Free Ware itu buanyyyak banget, Selain GRATissss nya itu:D kita dituntut untuk belajar , mengembangkan dan poin Shodaqoh di sana. Apalagi saat ini menkominfo yang baru Bpk.Tifatul Sembiring sangat mendukung sekali hal-hal yang berbau Open Source, karena diliat dari nilai mamfaat yang suanggat banyak.

Tapi ada yang pernah bilang juga… “klo kita Gratisin suatu Produk,, Lah dapet untung dari mana???” Nah, klo itu nanti lah cuap-cuapnya pada kesempatan dan waktu yang berbeda.. hehehe.. pokoknamah.. HIRUPPPP Gratisaaaannnnnnnnnnn…..😀

This entry was published on November 11, 2009 at 10:32 am and is filed under Open Source. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

6 thoughts on “HiDupppp GraTTTTissaaaaaaaNNNNNNN… !!! :D

  1. ooo.. ada to edisi muslim. bagus…🙂

  2. ralat dikit bro, produk2 open source macam Linux , GIMP dan PHP itu lebih tepatnya berlisensi FREE, dan free di sini bukan berarti gratis, tetapi bebas … bebas untuk dijual lagi atau bebas untuk digratiskan dan bebas untuk di modifikasi terserah yg buat mo diapain, oleh karena itu ada bbrp distro linux yg walaupun Open Source tetep harus bayar untuk ngedapetinnya, salah satunya adalah Distro Redhat dan SUSE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: