Izzi_tea

Kata siapa jadi Freelance itu “bebas”

Maaf sebelumnya karena tulisan ini dibuat oleh seorang newbie yang benar-benar NEWBIE, karena terhitung baru 1 bulan saya menjalankan profesi baru menjadi seorang freelance. Sebuah profesi yang oleh Om Robert keosaki di sebuat Self Employee atau seseorang yang bebas bekerja untuk dirinya sendiri.

Arti bebas?

Tujuan pertama mengambil keputusan untuk melepas status karyawan ialah ingin ‘berkembang’, Ya.. berkembang dalam berbagai hal (Pembelajaran, Ilmu, Keahlian dan tentunya penghasilan. hehe ), dan satu hal lagi yang belum tertulis yaitu “kebebasan”, satu kata yang aga ‘jauh’ jika disandingkan dengan kata ‘karyawan’. Tetapi eh tetapi setelah 1 bulan lamanya (ga lama-lama banget sih :lol: ) saya merasa bahwa kata “bebas” tidak bisa saya dapatkan ketika saya menjalani prosfesi sebagai seorang freelance, Lo Kooo? Padahal temen-temen freelance lain banyak merekomendasikan profesi ini karena sifatnya yang ‘bebas’, bebas mengatur waktu, tempat, penampilan, gaya,dll. Oke untuk hal itu saya sangat setuju dan memang seperti itu, kita bisa mengatur waktu kerja kita dengan catatan harus disesuaikan dengan deadline dari klien 8-) . kata bebas yang saya maksud ialah waktu luang yang kita miliki ketika kita bekerja sebagai karyawan… karena saya yakin sebagian besar karyawan (pengalaman pribadi :oops: ) mempunyai waktu dimana ia ‘bebas’, apakah itu sedang ga ada kerjaan, mati listrik ato tidak ada bos.. hehe, waktu ‘bebas’ dimana itu dihitung menjadi waktu kerja kita.

Bukan nya mo so sibuk ato so jadi ‘kutu buku’ tetapi apa yang saya rasakan terika menjalani profesi ini kemampuan yang saya miliki masih jauh distandarkan dengan yang lainnya, apalagi kalau mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu informatika baik itu programming, design dll.. wihhhhh pasti ketinggalan banget, So.. waktu ‘bebas’ dulu ketika sedang menjadi karyawan tidak saya dapatkan lagi, sebab jika saya mengambil jatah waktu ‘bebas’ tersebut, pastinya saya akan jauh tertinggal dan ujungnya jasa kita pun tidak diminati klien karena sudah kuno.. (o klien = 0 penghasilan :mrgreen: ), saya rasa memang ketidak bebasan dalam hal itu menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi saya.. apalagi kebanyakan kerjaan sifatnya ‘local’ alias di ranah offline yang aga ribet proses kerjanya dibanding dengan pekerjaan ‘online’, Tetapi sekali lagi saya bersyukur Alhamdulillah, banyak pembelajaran yang saya dapatkan, belajar Komunikasi, Presentasi, Tawar menawar harga, dll + ditambah sebuah ‘mimpi’ menpunyai sebuah perusahaan dimana pembelajarannya harus extra cepat, keras dan cerdas.

Jadi saya simpulkan untuk anda yang ingin mempunyai “kebebasan” jangan mengambil pilihan menjadi seorang freelance, sebab disana anda akan disibukan dengan proses pembelajaran. tidak ada waktu luang untuk “bebas” (Nganggur)

Tulisan ini hanya merupakan prespektive saya saja, mudah-mudahan sedikit kesimpulan mengenai profesi ini tidak terlalu premature untuk dijadikan referensi.

This entry was published on Mei 29, 2011 at 3:09 pm and is filed under Ngaler Ngidul. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

3 thoughts on “Kata siapa jadi Freelance itu “bebas”

  1. ingin tahu, pekerjaan freelance contohnya seperti apa mas..

    • buanyaakkk…. bahkan bisa jadi semua pakerjaan di freelance kan.. kecuali presiden (pejabat publik)..:mrgreen:, eh bukannya presiden (pejabat publik) itu pengabdian, bukan pekerjaan??🙄

  2. bagi saya untuk menjadi seorang freelance sejati.. hehe.., ga bisa di dapat dengan gampang. Untuk mengawali karir sebagai freelance kita harus membangun aset terlebih dahulu, dan itu butuh kerja keras. Bahkan membutuhkan kerja yang lebih serius dan tekun daripada seorang karyawan biasa. Namun setelah aset sudah terbangun dengan baik, kita bisa menyatakan bebas memilih waktu, tempat, dll untuk pekerjaan. Kita bebas memilih untuk bekerja atau tidak pada saat tertentu.

    sliding door curtains

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: